Tuesday, September 29, 2009

Ray Homeschooling

Tahun 2009 ini Ray lulus TK, beberapa minggu sebelum kelulusan, gue dipanggil Kepsek TK untuk menghadap guna persiapan pendaftaran SD.

Selain ngumpulin info SD mana yang terbaik dan paling cocok buat Ray, gue juga cari info kemana temen-temen Ray mendaftar, supaya Ray gak sendirian di lingkungan baru. Jadi pada saat Kepsek nanya ke gue Ray mau di daftarin kemana, gue jawab SD sekian, tidak disangka, respond dari Kepsek tidak mendukung maupun mengenakan untuk diterima. Tapi bukan karena itu satu-satunya alasan kenapa kami memilih Homeschooling/Homeeducation untuk Ray.

Dalam setahun, rata-rata kami 3-4 kali ke Jakarta dalam waktu yang paling cepet 10 hari disana, belum lagi traveling ke kota lain. Kami merasa mampu ngajarin Ray, gue juga nganggur dirumah, daripada otak beku mendingan belajar sama Ray, lagian gue gak mau kalau harus stuck di satu tempat, apalagi kota kecil kaya gini. Sekolah disini dikenal favorit bukan karena prestasi murid atau gurunya, melainkan prestasi orang tuanya dalam memberi sumbangan ke sekolah atau ke guru.

Sistem HS/HE yang gue terapin ke Ray sistem moderat. Gue liat kebutuhan, ketertarikan & mood Ray untuk mulai belajar. Ray paling antusias kalau belajar menggunakan sarana komputer & internet. Sekarang ini dia lagi tertarik belajar tentang Tata Surya & binatang, walaupun Dinosaurus tetep jadi topik favoritnya.

No comments: