Saturday, July 14, 2007

Ray naik tingkat


Gak terasa udah setaun Ray ikut kegiatan bermain dan belajar di PG TK Tadika Puri Jepara. Dalam setaun itu dia 2x pindah kelas. 6 bulan pertama dia masuk ke kelas PG kecil, 6 bulan berikutnya di kelas PG besar. Kenapa pindah-pindah di dalam 1 thn pelajaran ? Soalnya di PG kecil anaknya bener-bener masih kecil, masih pada pake popok. Kegiatan belajarnya sering keganggu sama anak yang nangis, ngompol, nyusu atau kabur keluar kelas. Jadinya Ray di pindahin ke kelas PG besar, supaya dia lebih serius. Disiplin harus ditegakkan sejak anak masih kecil (blah....).

Di kelas PG besar anak-anaknya sudah gak pake popok, bisa duduk tenang, dengerin Ibu Guru ngajar di depan kelas dan bekal yang dibawa berupa makanan padat. Kegiatannya juga udah serius. Menggambar, menempel, menggunting malah ada acara bikin susu sendiri, ngoles mentega di roti & bikin jus. Udah dewasa, kan.

Seminggu sebelum tahun pelajaran ditutup, sekolah ngajak murid & orang tua piknik ke Bandungan. Kenapa Bandungan ? Meskipun gue ikutan di POMG, gue gak tau kenapa Bandungan, gue belum pernah kesitu, jadi gue pikir bolehlah buat referensi tempat piknik yang beda dari yang biasa kita kunjungin. Untuk menghindari protes dari orang tua dsb, diputuskan untuk menggunakan EO (Event Organizer) yang akan mengatur semua acara piknik. Pada saat presentasi program di depan komite POMG, si EO mempresentasikan acara outing yang diadakan di suatu desa di Magelang yang pesertanya Bapak-bapak (lhoooo....??!!! gak nyambung). Saat ditanya tempat di Bandungan yang akan di sewa itu seperti apa ? Dijawabnya dengan "tanah lapang di depan 'kotek-kotek'" (kok kaya' kandang ayam ada kotek-koteknya) mungkin mangsudnya cottage. Yah, karena sudah diputuskan untuk menggunakan jasa EO ini jadi gue pasrah, padahal sih hati udah gak sreg.

Bener, kan. Di hari pikniknya, baru 20km berangkat bisnya udah mogok sejam. Padahal km yang masih harus ditempuh sekitar 40-an lagi dengan jalan menanjak, lha wong Bandungan itu di gunung. Kedengeran mesinnya di pukul-pukul pake palu, keliatan muka panik pak sopir, pak kondektur dan pak guide. Setelah pukulan lebih keras lagi di mesin, ahirnya bisa nyala dan bis jalan lagi. Tapi perasaan udah beda dari sebelum mogok. Rencananya di jalan pengen tidur lagi, karena untuk piknik ini kita diharuskan ngumpul di sekolah jam 5.30 pagi, jadi pagi itu bangun jam 4.45. busyet, jadinya sepanjang jalan mata melek sambil berdoa.

Sampe dengan tersendat ke tanah lapang di depan kotek-kotek itu jam 11.30. Udah terlalu siang untuk main di tanah lapang, bukan ? Alat outbound ato permainannya juga gak kliatan. Apa karena kita telat jadi udah di beresin permainannya ? yang kliatan cuman tanah yang atasnya di tencepin tali rafia bentuk kotak2. Kotek2 & kotak2...hmmm....Rencananya mau diapain itu tali rafianya ? trus mau diapain anak yang udah jauh2 datang untuk main ? dan orang tua yang udah capek & tegang selama perjalanan mau di hibur dengan apa ?

Jam 14.00 acara selesai. Jadi yang barusan terjadi itu apa, ya ? Kok cuman segitu aja ? Anak-anak berlari-larian tak terkendali dan acara selesai ???? Dan dilanjutkan dengan 'belanja' sampe jam 16.00. Belanja ???? Sesudah bis penuh dengan keranjang belanjaan ibu2nya, bis bergerak untuk pulang tapi mampir ke Semarang dulu. Dari Semarang sudah jam 5 lewat, perjalanan ke Jepara 2 jam-an. Selama 2 jam itu, hati gak tenang. Ngeri bisnya mogok lagi di tengah sawah yang gelap.

Mabok gue ngikutin acara yang di adain sama si EO ini. Literally mabok sampe jackpot di kantong plastik item.


No comments: