Tuesday, January 16, 2007

Cari Kontrakan

Rumah yang dipojok itu... RP 25 jt/thn. 'Tapi, Pak...eternitnya udah bolong2'

Segitulah ekstrimnya harga sewa rumah di Jepara. Diliat dari lokasi, rumah Rp 25 jt/bln itu masih jauh dari pusat kota, terletak diluar kompleks perumahan dan kelihatan sudah lama gak ditinggalin. Ditunjukin rumah berkamar tidur 5 tapi dengan bentuk yang gak jelas & diujung jalan buntu, itu harga sewanya Rp 5 jt/thn minimum sewa 2 thn. Rumah ditengah kota, Rp 12 jt/thn minimum 2 thn sewa. Rumahnya sih siap huni, lingkungannya enak, tenang tapi harganya. Rumah yang gue suka, kecil, di kompleks perumahan, bertingkat, di lantai atas cuman ada 1 balkon dan 1 kamar dengan pemandangan laut. Di lantai dasarnya ada 3 kamar, dapur, km.mandi dan ruang tamu. Semuanya serba miniatur. Itu Rp 8 jt/thn dengan kondisi sama, minimum 2 thn sewa.
Gak bisa ditawar. Sempet juga liat kontrakan paviliun, tapi dapur masih nyatu, kamar mandi share & gak ada pemisah antara rumah utama & paviliunnya. Dimana anjing2 mau di umpetin ?

Udah capek keliling, ada kenalan yang ngajakin liat kontrakan di pinggir kali. Rumahnya sih enak. Gak terlalu besar, cukupan. Modelnya modern. Tapi pemandangannya kali. Jalan masuk ke rumah musti ngelewatin kandang ayam. Tapi dari sekian banyak rumah yang sudah kita liat, rumah inilah yang paling pantes dengan harganya.

Udah mantep mau ambil itu, tiba-tiba ada makelar yang dateng. Nunjukin rumah di pinggir sawah. Jauh dari keramaian, ditengah sawah, besar, 2 lantai dengan 6 kamar, ruang tamu, ruang keluarga di lantai atas. Asik ! itu kesan pertamanya. udaranya enak & masih banyak pohon. Jadi bimbang antara rumah kali sama rumah sawah. Diputusin untuk ambil rumah sawah aja dengan berbagai macam pertimbangan.

Jadilah kita sekarang tinggal di rumah kambing (kata Ray, krn banyak kambingnya). Ditengah sawah & kebon yang baru jam 6 sore aja cuman kedengeran jangkrik...krik...krik...

No comments: